SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA BELANTING

Artikel

Mahasiswa KKN-PMD UNRAM Sosialisasi Pencegahan Pernikahan Usia Dini di MAS Maraqitta'limat Al-Hamzar Belanting untuk Mencegah Stunting.

05 Februari 2024 13:49:16  DESA BELANTING  41 Kali Dibaca  Berita Lokal

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Universitas Mataram (UNRAM) mensosialisasikan pencegahan pernikahan dini di MAS Maraqitta'limat Al-Hamzar Belanting, Desa Belanting, Kecamatan Sambelia, Kabupaten Lombok Timur,Rabu (17/01/2024).

Pernikahan di usia dini adalah salah satu variabel penyebab terjadi stunting, beberapa faktor sebabnya adalah kurang siapnya pasangan suami istri dibawah umur soal asupan gizi yang cukup semasa kehamilan, kematangan psikologis dan organ reproduksi, serta pengetahuan tentang pola asuh yang benar.

Kasus pernikahan anak usia dini di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) masih tinggi, salah satunya di Desa Belanting. Oleh karena itu mahasiswa KKN-PMD Universitas Mataram melakukan kegiatan sosialisasi di sekolah yang ada di desa belanting terkait dampak pernikahan usia dini. Mahasiswa KKN-PMD UNRAM bekerja sama dengan pihak DP3AKB Kecamatan Sambelia untuk menjadi pemateri pada kegiatan sosialisasi terkait pencegahan pernikahan usia dini.

Ada 2 orang utusan dari pihak DP3AKB Kecamatan untuk menjadi pemateri pada acara sosialisasi tersebut yaitu Bapak Dedy Irawan, S.Pd. dan bapak Busrin, S.H. kegiatan sosialisasi dilaksanakan di MAS Maraqitta'limat Al-Hamzar Belanting dengan jumlah siswa siswi yang hadir 58 orang.

Tujuan mahasiswa KKN-PMD Universitas Mataram melaksanakan kegiatan sosialisasi terkait pencegahan pernikahan usia dini adalah untuk memberikan edukasi terkait dampak, faktor resiko dari pernikahan usia dini guna mengurangi resiko terjadinya stunting. Selain itu memberikan motivasi untuk siswa-siswi MAS Maraqitta'limat Al-Hamzar Belanting untuk fokus meraih masa depannya, fokus mengejar cita-citanya.

Bapak Busrin menyampaikan terkait usia ideal untuk menikah menurut BKKBN adalah minimal 21 tahun untuk wanita dan 25 tahun untuk pria. Sementara itu, undang-undang nomor 16 tahun 2019 tentang Perkawinan mengatakan bahwa perkawinan hanya diizinkan apabila pria dan wanita sudah mencapai umur 19 tahun.

Pak Dedy Irawan juga menyampaikan materi terkait pendewasaan usia pernikahan, dampak dari pernikahan dini, faktor-faktor penyebab terjadinya pernikahan dini, penyebab stunting, dampak stunting, gejala stunting dan pencegahan stunting.

"Saya berterima kasih kepada adik-adik KKN-PMD Universitas Mataram sudah mau melaksanakan kegiatan sosialisasi ini, semoga dengan kegiatan ini siswa siswi mendapatkan motivasi untuk melanjutkan kuliah seperti adik-adik KKN" ujar kepala sekolah.

Ketua KKN PMD Desa Belanting , mengucapkan terima kasih kepada pihak Sekolah MAS Maraqitta'limat Al-Hamzar Belanting yang telah bersedia memberikan kesempatan kepada mahasiswa KKN-PMD UNRAM untuk melakukan sosialisasi.

Kegiatan sosialisasi ini mendapatkan respon positif dan antusias yang tinggi dari para siswa maupun pihak sekolah. Mereka mengapresiasi upaya yang dilakukan dalam mencegah terjadinya pernikahan dini.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Pemerintah Desa

 Peta Wilayah Desa

 Sinergi Program

 Agenda

Belum ada agenda

 Statistik

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jl. Raya TGH Mutawalli LC
Desa : Belanting
Kecamatan : Sambelia
Kabupaten : Lombok Timur
Kodepos : 83656
Telepon : 087763255608
Email : [email protected]

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:96
    Kemarin:291
    Total Pengunjung:82.446
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:172.70.35.33
    Browser:Tidak ditemukan

 Arsip Artikel

29 Juli 2013 | 809 Kali
Kontak Kami
24 Agustus 2016 | 714 Kali
Pemerintah Desa
24 Agustus 2016 | 712 Kali
Visi dan Misi
24 Agustus 2016 | 679 Kali
Data Desa
07 November 2014 | 657 Kali
Pemerintahan Desa
29 Juli 2013 | 654 Kali
Lembaga Kemasyarakatan
11 Maret 2019 | 626 Kali
SEJARAH DESA