You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Belanting
Desa Belanting

Kec. Sambelia, Kab. Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA BELANTING

MAHASISWA UNRAM MELAKSANAKAN KEGIATAN KULIAH KERJA NYATA TEMATIK (KKN-T) STUNTING DI DESA BELANTING

DESA BELANTING 11 Juli 2022 Dibaca 362 Kali
MAHASISWA UNRAM MELAKSANAKAN KEGIATAN KULIAH KERJA NYATA TEMATIK (KKN-T)  STUNTING DI DESA BELANTING

Tanggal 20 Juni 2022, mahasiswa dari Universitas Mataram melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) dengan tema Stunting di desa  Belanting Kecamatan Sambelia Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Kegiatan mahasiswa KKN-T diawali dengan kunjungan kepada Tokoh-tokoh dan masyarakat desa setempat sebagai proses pendekatan dan pengenalan untuk pelaksaanaan kegiatan KKN-T 2022.

Selanjutnya, Penyerahan dan Penerimaan simbolisasi mahasiswa KKN-T dilaksanakan pada hari Selasa, 21 Juni 2022 pada pukul 14.00 Wita-selesai yang di hadiri dan kukuhkan oleh Dosen Pembina Lapangan Bapak Dr. Ir. Anas Zaini, M.Sc. dan  perwakilan Kepala Desa, Sekretaris Desa Bapak Umar Hadi S.Pd.I. serta disaksikan oleh  beberapa perangkat desa dan kepala dusun desa Belanting.

Eksekusi kegiatan awal yang dilakukan oleh mahasiswa KKN-T desa Belanting adalah tugas pembantuan bersama petugas kesehatan dalam kegiatan posyandu berupa pelayanan imunisasi disertai pendataan dan pemberian makanan sehat pada anak-anak dari umur 9 bulan sampai 5 tahun di dusun Lepek Loang desa Belanting (24/6).

Dihari yang berbeda tepatnya pada kamis (30/6), Mahasiswa KKN-T desa Belanting  melaksanakan sosialisasi Stunting dengan judul  “Pembinaan Masyarakat Melalui Program Bebas Stunting dalam Memperbaiki Tumbuh Kembang Anak” dengan pemateri Ibu Jane Hasvyta Sari Amd.Gz. dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh tokoh-tokoh desa Belanting, Ibu-ibu hamil dan ibu yang memiliki anak stunting. Dalam kegiatan tersebut diawali dengan sambutan ketua KKN-T Desa Belanting Lalu Komala Panji  Suarga, dilanjutkan dengan sambutan  oleh Kepala Desa Belanting yaitu Bapak Sukradi, Kepala Puskesmas Belanting, Ketua BPD desa Belanting. Pada tahap berikutnya penyampaian materi Stunting oleh Ibu Jane  Hasvyta Sari Amd.Gz. Dalam kutipan materi yang disampaikan oleh beliau, bahwa 

“Stunting adalah kegagalan pertumbuhan dan perkembangan yang di alami anak-anak akibat asupan gizi yang kurang dalam waktu lama, penyakit infeksi berulang, dan stimulasi psikososial yang tidak adekuat dengan disebabkan oleh beberapa faktor seperti pola pemberian makanan yang tidak tepat  pada anak, kebersihan lingkungan sekitar yang tida baik, serta kurangnya asupan gizi Ibu saat hamil.“

Beberapa kegiatan sudah terlaksana, Untuk beberapa kegiatan tambahan lain sesuai program kerja KKN-T Mahasiswa UNRAM di Desa Belanting yang di canangkan yang akan dilaksanakan pada waktu  dekat.

Penulis : Yunita

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image