SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA BELANTING

Artikel

Pelatihan dan pendampingan pengolahan makanan bergizi untuk mengurangi resiko terjadinya gejala stunting di desa belanting dalam meningkatkan pola hidup sehat

05 Februari 2024 13:54:14  DESA BELANTING  34 Kali Dibaca  Berita Lokal

Makanan bergizi memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Dalam konteks ini, KKN PMD UNRAM Periode 2023-2024 menggelar pelatihan dan pendampingan pengolahan makanan bergizi di Desa Belanting dengan tujuan mengurangi risiko terjadinya gejala stunting dan meningkatkan pola hidup sehat masyarakat.

Makanan bergizi mencakup berbagai komponen penting seperti karbohidrat, protein nabati dan hewani, buah, dan sayur. Sementara makanan berkecukupan adalah makanan yang sesuai dengan kebutuhan berdasarkan usia dan kondisi tubuh. Pemenuhan gizi bagi anak balita bukan hanya berasal dari Makanan Pendamping ASI (MPASI) saja. Anak pada usia ini mulai dapat membedakan rasa, sehingga pemilihan makanan perlu dilakukan dengan kreativitas agar kebutuhan nutrisi terpenuhi.

Pada Senin, 29 Januari 2024, kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Serbaguna Kantor Desa Belanting Kecamatan Sambelia. Mahasiswa KKN PMD UNRAM dengan antusias melibatkan pemateri dari ahli gizi Puskesmas Belanting yakni, ibu Subaedah A.md Gz dan ibu Jane Haspitasari A.md Gz, Kepala Desa Belanting Bapak Sukradi, Kader Posyandu dari seluruh Desa Belanting dan ibu-ibu yang memiliki balita serta ibu hamil. Tujuan utama kegiatan ini adalah memberikan pengetahuan kepada para ibu tentang pentingnya pemberian gizi bagi balita.

Para ibu diberikan pengetahuan tentang takaran gizi yang wajib dipenuhi oleh balita setiap harinya. Hal ini menjadi langkah preventif untuk mencegah terjadinya stunting, masalah kesehatan yang dapat memengaruhi pertumbuhan anak secara serius.

Dalam kegiatan ini, mahasiswa KKN PMD UNRAM Periode 2023-2024 menunjukkan kreativitas dalam pengolahan makanan bergizi. Salah satu contohnya adalah pembuatan Bola-Bola Nasi (Rice Ball), yang mengandung empat komponen utama: karbohidrat (nasi dan tepung), protein hewani (Ayam dan Telur), protein nabati (Tempe), dan sayur (Seledri dan Wortel).

Penambahan produk makanan bergizi berupa puding yang terbuat dari buah naga sebagai tambahan nutrisi bagi anak anak. Selain mengandung berbagai manfaat buah Naga merupakan hasil alam di Desa Belanting.

Dengan mengadakan kegiatan ini, KKN PMD UNRAM Periode 2023-2024 berharap dapat menyemai pengetahuan dan keterampilan yang bermanfaat bagi masyarakat Desa Belanting. Dengan pengetahuan yang lebih baik tentang gizi dan kreativitas dalam pengolahan makanan, diharapkan masyarakat dapat menjalani pola hidup sehat dan terhindar dari risiko stunting. Program ini bukan hanya memberikan makanan, tetapi juga memberdayakan masyarakat untuk mengelola gizi dan kesehatan mereka sendiri. Sehingga, harapan sehat dapat tumbuh dan berkembang di setiap rumah tangga Desa Belanting.

Semoga kegiatan ini memberikan manfaat bagi orang tua dan warga masyarakat Desa Belanting semakin sehat.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Pemerintah Desa

 Peta Wilayah Desa

 Sinergi Program

 Agenda

Belum ada agenda

 Statistik

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jl. Raya TGH Mutawalli LC
Desa : Belanting
Kecamatan : Sambelia
Kabupaten : Lombok Timur
Kodepos : 83656
Telepon : 087763255608
Email : [email protected]

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:118
    Kemarin:132
    Total Pengunjung:76.659
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:172.69.59.146
    Browser:Mozilla 5.0

 Arsip Artikel

29 Juli 2013 | 784 Kali
Kontak Kami
24 Agustus 2016 | 686 Kali
Visi dan Misi
24 Agustus 2016 | 679 Kali
Pemerintah Desa
24 Agustus 2016 | 653 Kali
Data Desa
07 November 2014 | 634 Kali
Pemerintahan Desa
29 Juli 2013 | 630 Kali
Lembaga Kemasyarakatan
11 Maret 2019 | 572 Kali
SEJARAH DESA